Sunday, November 3, 2013

Donat Kentang - Resep Bu Nina

Bismillahirrahmanirrahiim…

Ini adalah tulisan di blog WP yang saya pindahkan, karena sudah mantap untuk melanjutkan di Blogger saja...

***

Praktek kali ini seharusnya jadi keikut sertaan saya di kegiatan online group FB BKR (Bakul Kue Rumahan), tapi berhubung jadwal ketat… (bilang aja males!!) dan urusan upload meng-upload saya serahkan ke suami… jadilah telat kirim dan nggak ikut kegiatan online tersebut. Kecewa mah nggak… biasa aja. Pertama, karena hasilnya juga belum sempurna. Kedua, asli lah… hari Sabtu saya rempong banget jadi donat kentang ini hanya ditabur gula aja. Beda sama anggota lain yang toppingnya aneka ragam.

Ngomongin soal donat, ini adalah donat kedua saya. Pertama nyoba Donat ala J.Co nya Bu Fatmah. Enak sih… tapi buat saya Donat J.Co tetep juara. Kedua ya si Donat Kentang ala Bu Nina ini. Oia, Bu Nina kalo nggak salah adalah salah satu pendiri group FB yang saya sebut di atas. Resepnya agak berbeda karena ragi dikembangkan dahulu dengan air gula yang hangat. Berikut resep lengkapnya:

Bahan A :
  • 500 gr tepung protein tinggi / sedang
  • 75 gr gula halus
  • 250 gr kentang kukus, haluskan
 Bahan B :
  • 11 gr ragi instant
  • 150 ml air hangat suam kuku
  • 1 sdt gula pasir
*Masukkan ragi dan gula ke dalam air hangat, aduk sampai larut dan biarkan hingga mengembang dan berbuih -+ 5-10 menit (kayaknya aku kurang sukses di tahap ini deh. Sempat bikin 3 kali larutan sodara-sodaraaaaa… Yang jelas, jangan diaduk-aduk dan airnya nggak boleh terlalu panas. Jangan juga diletakkan di lantai karena air menjadi cepat dingin).

Bahan C :
  • 2 kuning telur
  • 75 gr margarin
  • Garam secukupnya
Cara membuat :
  • Masukkan bahan A, aduk dengan tangan hingga tercampur
  • Masukkan bahan B, uleni sebentar hingga tercampur rata
  • Masukkan bahan C, uleni hingga lembut dan kalis
  • Diamkan adonan kurang lebih selama 30 menit hingga mengembang
  • Kempiskan adonan, timbang adonan sesuai selera, diamkan lagi hingga mengembang
  • Lubangi dan bentuk adonan, dan goreng menggunakan api kecil.
Hasilnya memang empuk dan menul-menul, tapi aku rasa hampir sama jika dibandingkan dengan donat kentang lain yang pernah aku coba. Sepertinya sih memang belum berhasil 100% karena busa yang dihasilkan ragi nggak seheboh yang ada di gambar resep asli. Baiklaaah… lain kali akan dicoba lagi.
Selain itu, dua kali bikin donat menurutku adonannya kok lembek pisan yah… Berasa nggak kalis. Padahal sebelumnya sudah kalis dan muluuus banget adonannya. Tapi begitu masuk mentega terakhir sekitar 25 gram langsung benyek. Tangan udah pegel bangeddd, jadi pasrah saja lah… Alhamdulillah masih ngembang dan layak dibilang donat walupun kata Ihya… “kurang enak”. Bukannya kesel malah ngakak dibilang begini karena melihat mimik Ihya yang sok tau. Hehe.

Silahkan dicoba dan bagi-bagi pengalamannya ya… Semoga percobaan selanjutnya bisa lebih sempurna. Berikut penampakan Donat Kentangnya:

No comments:

Post a Comment