Sunday, November 3, 2013

Butterscotch Popcorn yang... Gitu Deh...

Bismillahirrahmanirrahiim...

Saya sukaaa banget bikin kue. Kalo orang bule mah bilangnya cake... Suami saya termasuk yang ikut seneng saya doyan bikin kue. Tapi di titik tertentu mungkin dia bosen kali ya booo... Akhirnya satu hari saya berujar dengan penuh rasa bete (kalimat apa sih nih...):
"Males ah bikin kue, nggak ada yang nyolek". Dan memang... anak saya pun nggak begitu doyan kue yang manis-manis, apalagi yang lembut-lembut.
Pembelaan dari suami: "Makanya, bikin yang aku minta dong Hun..."
"Apaan?"
"Popcorn Caramel"
Dalam hati: "Ah... gancil..."
Dalam kenyataan: "Kok gini jadinya??"

Tahap pertama tentu saja nyari resep. Terimakasih kepada penemu WWW sehingga saya nggak perlu jalan ke toko buku demi satu resep. Setelah cari-cari, akhirnya pakai resep dari Mbak Depe:

Bahan:

  • 1 cup biji jagung untuk popcorn (bukan untuk makanan burung ya... Hehe)
  • 1/4 cup minyak atau 4 sdm margarin
  • 1/2 cup gula pasir putih
  • 1/3 cup susu kental manis putih
  • 1/2 cup air matang
  • 100 gram mentega (tadinya mau total pakai Wysman, tapi kan kalo gagal nyeselnya nggak ilang-ilang yah... Akhirnya 50:50 sama Margarita, hihi)
Cara membuat:

  1. Buat popcorn dari biji jagung. Ah... ini udah lupa kali yak gimana caranya. Saya langsung bikin sekaligus di panci yang nggak terlalu besar. Walhasil banyak biji jagung yang nggak meletup dan terakhir gosong karena saya nggak sabar dan ngegedein api. 2 detik doang padahaaaaal!! Lain kali butuh wadah yang gede kayaknya... Atau bikin popcornnya harus dalam beberapa tahap.
  2. Setelah jadi, sisihkan dan taburi dengan sedikit garam (ane lupa gan...)
  3. Caramel: siapkan panci anti lengket untuk memasak. Taruh gula pasir di atasnya dan tuang dengan susu kental manis yang sudah dilarutkan dengan air, jangan diaduk!! Saya pakein tanda seru karena saya gatel buat ngaduk dan kemudian nyesel... terpaksa nambahin 1/4 cup gula lagi untuk bikin karamelnya.
  4. Panaskan wajan dengan api sedang, biarkan sampai air menguap. Kalau sudah mulai coklat keemasan artinya sudah jadi karamel, segera masukkan mentega dan aduk cepat.
  5. Tuang ke popcorn dan aduk rata dengan spatula (jangan pakai tangan, asli panas!!)
dan inilah hasilnya...



Enak? Ya... bisa dimakan dan rasanya sudah seperti karamel. Tapi, belum puas ah... Pertama, karamelnya nanggung. Buat saya bikin karamel itu agak menakutkan. Kalau sampai telat, gosong dan sia-sialah bahan yang sudah keluar. Kalau kecepetan diangkat, jadinya masih seperti gula pasir yang ... berpasir. Intinya, karamelnya belum jadi dan masih basah. Popcornnya jadi melempem deh... Terakhir, suami berinisiatif untuk memanggang popcorn yang melempem ituh... Dan Alhamdulillah rasanya jadi lebih enak.

Kedua, manis banget!! Sampai gigi terasa ngilu... Sepertinya akan cari resep yang lain juga karena saya curiga SKMnya jadi salah satu faktor yang bikin karamelnya berpasir...

Yang jelas saya nggak akan sering-sering bikin beginian karena bakal bikin kami sekeluarga terancam diabet, haha. Tapi, namanya juga eksperimen. Walaupun gagal tetap menyenangkan kok, karena dengan begitu jadi tahu apa yang harus diutak-atik supaya lain kali hasilnya sakseiiis. Sampai ketemu di Caramel Popcorn berikutnya (mudah mudahan nggak harus eksperimen berkali-kali).

No comments:

Post a Comment