Sunday, November 3, 2013

My First (Successful) Soft Bread

Bismillahirrahmanirrahiim…

Roti adalah salah satu momok buat saya. Dulu pernah bikin roti pisang, gagal. Pernah nyoba bikin roti polo (ala Roti B*y), gagal. Setelah itu saya agak males buat bikin roti lagi. Bikin roti intinya tuh apa saya bener-bener nggak ngerti. Makanya waktu ada NCC Bread Week saya  pingin banget untuk ikut, tapi sadar diri nggak bisa bikin roti. Okay! Saya mundur teratur.

Dengan niat menguasai berbagai jenis bakery, ya udah lah ya… Bismillah, saya mau coba lagi deh. Akhirnya dengan semangat 45 saya memberanikan tepung komachi dan cari-cari resep roti. Pilihan jatuh ke resep Soft Bread-nya Bu Fatmah (http://ncc-indonesia.com/old/), lebih aman. Hehe. Sebelum itu saya juga baca berbagai catatan pembuatan roti di NCC.

Berikut resepnya:

Bahan:
  • 500 gr tepung terigu protein tinggi (setengah komachi setengah cakra)
  • 100 gr gula
  • 100 gr mentega
  • 11 gr ragi instant
  • ½ sdt bread improver (aku nggak pakai)
  • 4 btr kuning telor
  • 300 ml air es
  • ½ sdt garam
Cara membuat:
  • Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata.
  • Masukkan air 200 ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
  • Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
  • Adonan siap dibentuk-bentuk.
  • Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali, lalu oven hingga matang.
  • Catatan: sisa air 100ml buat jaga-jaga aja adonan kurang lembek tambahkan sedikit demi sedikit (aku total pakai sekitar 250 ml).
Topping:
  • 50 gr gula halus
  • 50 gr gula palem
  • 100 gr mentega
  • 80 gr telur
  • 130 gr terigu protein rendah
  • 5 gr kopi instan + 1 sdm air panas (aku nggak pakai air, kelupaan)
  • 5 gr essence kopi (aku nggak pakai)
Kemarin saya membuat dengan isian coklat, keju, dan topping kopi. Rasanya? Menurut saya enak!! *GR dikit boleh dong…*. Saya belum coba ketahanannya karena sudah keburu ludes. Semalam saya sempat coba tapi teksturnya tentu saja sudah beda. Sayangnya di Cipinang nggak ada oven, jadi belum mencoba bagaimana rasanya kalau dihangatkan.

Nah, berhubung roti cukup ramah jual, saya mau coba beberapa resep sampai benar-benar dapat rasa, tekstur, dan ketahanan yang oke. Siapa tahu bisa jadi bahan jualan, hehe.
Sekian cerita tentang soft bread ya… Semoga secepatnya bisa update lagi tentang jenis roti yang lain. Salam!!

Hanya ada foto proofingnya saja, hasil jadinya harus dicari-cari dulu :(

No comments:

Post a Comment