Sunday, November 3, 2013

Sagu Keju NCC

Sagu keju adalah kue kering favorit saya! Sukaaa banget sama kue kering yang satu ini.

Pertama karena kuker yang satu ini tidak menggunakan terigu. Pencernaan saya agak sensitif sama yang namanya terigu. Apalagi kalau kombinasi dari terigu dan minyak (gorengan). Berhubung kuker porsi terigunya lumayan banyak, jadilah saya akan merasakan mual dan rasa sebah yang lumayan mengganggu kalau menyantap kuker lumayan banyak (nggak bisa dikit dong kalau makan kue kering…)

Kedua, sagu keju lumer di mulut dan sensasinya sangat menyenangkan.

Sagu keju manapun saya suka. Mungkin kalau nggak pakai keju sekalipun saya tetap suka. Tapi paling jatuh cinta sama resepnya Bu Fatmah. Mungkin karena pemakaian santan kental yang membuat sagu keju NCC makin gurih dan legit.

Sempat beberapa kali membuat sagu keju Bu Fatmah tetapi hasilnya belum sempurna. Masih basah dan lebih cepat melempem tentunya. Ternyata kuncinya ada di saat menyangrai tepung sagu. Serius deh, setelah merasakan perbedaannya, saya nggak males lagi menyangrai tepung sampai benar-benar kering. Poin penting lainnya ada di keju. Kalau kata Bunda mah jangan coba-coba mengganti edam dengan cheddar. Karena kejunya nggak akan sekering edam dan efeknya kue kering bisa menjadi lebih pendek masa kadaluarsanya.

Saya sempat memvariasikan sagu keju dengan essens pandan. Aroma pandannya lumayan berasa, tapi dari segi rasa sih sepertinya nggak jauh berbeda. Ini penampakan sagu keju NCC buatan saya:



Untuk yang ingin mencoba, berikut resepnya:
Bahan:
  • 300 gr tepung sagu (aku coba pakai tepung tapioka enak juga… tapi mustinya sih dengan tepung sagu lebih enak ya… Dan konon hasilnya tidak akan seputih jika memakai Sagu Tani)
  • 2 lembar daun pandan
  • 100 gr margarin
  • 50 gr mentega
  • 150 gr gula halus
  • 1 btr kuning telur
  • 100 gr keju edam, parut
  • 50 ml santan kental
Cara membuat:
  • Sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat,dinginkan.
  • Kocok margarine dan mentega hingga lembut, masukkan gula, kocok rata. Tambahkan kuning telur, kocok rata. Masukkan keju parut, kocok sebentar saja, matikan mikser.
  • Masukkan tepung sagu secara bertahap kedalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
  • Masukkan adonan kedalam plastik segitiga, pasang spuit bintang, semprotkan kedalam loyang kue kering yg sudah dioles mentega.
  • Oven selama kurang lebih 40menit.
Selamat mencoba!! :)

No comments:

Post a Comment