Wednesday, October 29, 2014

Mexican Bun a.k.a Roti Boy

Bsmillahirrahmanirrahiim...

Kalau soal roti, udahlah... saya udah sreg sama resep Soft Bread-nya Bu Fatmah. Biarpun ada berbagai macam resep roti berseliweran, saya agak males nyobanya. Pertama dan utama ya karena bikin roti itu butuh usaha yang besar (dalam arti sebenarnya) karena masih mengandalkan LG (alias Lengan Gaban) untuk mengulennya sampai kalis.

Sempat sih mencoba roti dengan metode Water Roux, tapi kok kayaknya nggak beda-beda amat... hehe.
Sempat juga tergoda dengan resep roti yang nggak perlu diulen. Tapi dari foto-foto yang berseliweran di FB Group NCC menurut saya kok roti yang tidak diulen ini hasilnya sangat lembek sehingga susah untuk dibentuk menjadi bulat cantik. Dan memang pernah mencoba dough pizza tanpa diulen ya memang adonannya sangat lembek.

Termasuk Mexican Bun ini... Kami sekeluarga memang penggemar berat Roti Boy dan kembaran-kembarannya. Sayang sekali sempat beredar gosip soal status kehalalannya. Dan memang sejauh yang saya temui nggak ada satupun dari kedai roti sejenis yang memiliki Sertifikat Halal MUI. Ini kan Indonesia booo... mestinya diusahakan dong... Jadi akhir-akhir ini memang kami jarang beli roti di luar. Yang paling ngenes udah pasti Ihya, karena tahu apalah dia tentang halal-haram makanan dan masih sulit untuk menahan diri.
Nah, begitu Roti Boy dapat Sertifikat Halal MUI, jarang banget ketemu kedainya... Dan tahu-tahu sekarang kami sudah di Adelaide.

Setelah cek bahan-bahan, terjunlah saya ke dapur untuk membuat si Mexican Bun. Sekalian mau ngetes oven untuk memanggang roti. Saya hanya membuat roti dengan terigu 250 gram saja karena takut nggak kuat mengulennya. Hehe.

Berikut resepnya:

Soft Bread NCC

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr gula
100 gr mentega
11 gr ragi instant
½ sdt bread improver (nggak pakai, tapi ini aja udah mengembang dengan baik dan empuk kok)
4 butir kuning telur
300 ml air es
½ sdt garam

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
  2. Masukkan air 200 ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
  3. Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
  4. Adonan siap dibentuk-bentuk.
  5. Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali, lalu oven hingga matang (Kemarin saya melalui 2 kali proofing. Yang pertama sampai mengembang dua kali lipat. Dan yang kedua sekitar setengah jam)

Catatan: sisa air 100 ml untuk jaga-jaga aja kalau adonan kurang lembek tambahkan sedikit demi sedikit.

Topping:

  • 50 gr gula halus
  • 50 gr gula palem (kemarin nggak pakai karena keterbatasan bahan, lain kali akan diganti dengan brown sugar)
  • 100 gr mentega
  • 80 gr telur
  • 130 gr terigu protein rendah (pakai all purpose flour karena adanya cuma itu...)
  • 5 gr kopi instan + 1 sdm air panas
  • 5 gr essence kopi (kemarin nggak pakai dan memang rasa kopinya kurang nendang, lain kali jumlah kopi instannya akan saya dobel)
Kebayang nggak bahagianya bangun pagi disambut aroma Mexican Bun? Dan lebih bahagia lagi yang bikin karena anak-bapak rebutan roti yang cuma jadi 10 buah itu. Hehe.



Selamat mencoba!!
Salam!!

No comments:

Post a Comment