Saturday, October 18, 2014

Baked Potato

Bismillahirrahmanirrahiim...

Alhamdulillah akhirnya bisa posting lagi di Cake & Friends. Terakhir kali saya posting di sini adalah tanggal 4 April 2014 saat membuat Pempek Dos. Itu artinya sudah 6 bulan lebih aja gitu saya nggak update blog. Huhu... maaf ya blogku sayang...

Sebenarnya sih ada juga kue atau masakan yang saya buat. Saat lebaran kemarin pun saya cukup banyak membuat kue untuk di rumah Mamah dan dibagikan ke saudara-saudara dekat. Di antara semuanya yang paling menuai penggemar adalah Choco Chips Cookies Putih Telur. Nggak nyangka sih sebenarnya... karena hampir saja itu kue nggak saya pajang karena bentuknya kurang oke. Tapi rasanya ternyata enyak!!

Oh iya... dari mulai bulan Juli saya juga tinggal di rumah mertua. Otomatis kegiatan baking dan cooking juga jadi berkurang karena alat dan bahan semuanya ada di rumah. Selain itu saya juga masih berjibaku dengan urusan keberangkatan ke Adelaide.

Alhamdulillah, tanggal 6 September 2014 saya sampai di Adelaide. Masakan yang saya buat ya kebanyakan untuk makan sehari-hari dan sarapan. Kebetulan juga baru mendapat akomodasi tetap tanggal 23 September. Jadi belum banyak bereksperimen dengan resep-resep baru.

Tinggal di negara di mana makanan halal (dan murah) tidak mudah didapatkan, membuat saya masak terus. Hehe. Seneng sih... tapi kadang kehabisan ide juga. Dan berhubung alat-alat masak masih terbatas, biasanya saya memanfaatkan sebisa mungkin perlengkapan dan bahan-bahan yang ada. Untungnya suda ada built-in oven. Untuk masakan sih lebih gampang karena bisa mengira-ngira suhunya. Tapi kalau untuk kue memang harus banya dipakai sehinga terbiasa dengan pengaturan suhunya. Apalagi di oven tidak ada termometernya.

Di sini juga makanan dieman-eman bangeeet nget. Bukan sedikit makannya, tapi jangan sampai makanan yang sudah dibeli atau dibuat sampai dibuang atau tidak habis. Kesannya ngirit banget (emang iya sih...). Tapi disadari atau nggak sebelumnya saya suka menggampangkan hal tersebut karena merasa makanan bisa didapatkan dengan mudah.

Halah... jadi ngelantur ke mana-mana... Intinya sih cuma mau laporan hasil percobaan Baked Potato ala Mbak Besta yang resepnya ada di Group FB NCC. Berikut adalah resep aslinya:

Bahan :


  • 1 kg kentang kukus, kupas, potong2
  • 500 ml susu UHT Tawar
  • 2-3 butir telur kocok lepas
  • 3 sdm terigu
  • Sosis/smoked beef/corned secukupnya
  • 1 buah bawang bombay dicincang, tumis hingga harum
  • Garam, gula, lada, keju sesuai selera
  • Mayonaise tahan panggang secukupnya


Cara membuat :

  1. Campur susu, telur, terigu, bawang bombay, dan bumbu. Aduk rata dengan whisk
  2. Oles loyang/pinggan dengan margarine, tata 1/2 bagian potongan kentang dan sosis, siram dg 1/2 bagian bahan cair, beri keju. tata lagi sisa kentang dan sosis, siram dg sisa bahan cair, taburi keju.
  3. Bisa langsung dipanggang ato kalo saya dikukus dulu kurleb 10-15 menit. setelah dikukus beri topping mayonaise.
  4. Panggang hingga kekuningan, sajikan hangat dengan saos sambal.
Tapi eh tapi... resepnya agak saya modifikasi. Pertama, setelah dikukus kentang saya hancurkan. Paling enak sih memang nggak sampai hancur banget seperti bubur, tetapi masih ada bongkahan-bongkahan kentang di dalamnya.

Kedua, saya hanya pakai 150 ml susu cair karena menurut saya adonan sudah terlalu lembek. Di percobaan kedua saya memakai kentang lebih banyak (sebelumnya sekitar 4 buah, sekarang 5 buah) dan dengan susu hanya 100 ml saja. Menurut saya hasilnya lebih enak karena hasilnya menjadi lebih padat.

Ketiga... ini belum saya coba sih... tapi sepertinya akan sangat enak kalau ditambahkan saus bechamel di atasnya (nyam!!). Berikut penampilannya:


No comments:

Post a Comment