Wednesday, January 1, 2014

Cupcakes (masih) di Milad Abang

Bismillahirrahmanirrahiim...

Nyambung dengan posting sebelumnya, pingin berbagi masakan kedua yang saya buat: Vanilla Cupcake with Buttercream Frosting. Tujuan buat cupcake sebenarnya cuma satu: supaya bocah-bocah nggak rebutan. Selain itu, buatnya super gampang... hihi. Nggak perlu acara lapis-lapis buttercream dan belepotan, hehe.

Kali ini saya coba resep Smooth Butter Cake-nya Bu Peni Respati. Sejauh ini saya masih nyari resep cupcake yang lembab dan lembut. Smooth Butter Cake ini seperti namanya, emang beneran lembut!! Tapi bukan tipe kue yang lembab seperti yang saya inginkan (kayaknya lain kali mau coba Eggless Moist Cake yang resepnya lagi seliwar seliwer di group FB). Tapi untuk buttercake, resep ini the best lah pokoknya. Karena kue ini kokoh, ngembangnya bagus, dan lembut. Plus nggak terlalu berat (secoro pakai buttercream juga...) tapi tetap mengenyangkan. Berikut resepnya:

Bahan:
  • 300 gram Mentega/margarin
  • 150 gram Gula pasir halus
  • 8 buah Kuning telur
  • 250 gram Tepung protein sedang
  • 25 gram Tepung maizena
  • 1 sdt  Baking powder double acting (nggak pakai)
  • 50 ml  Susu cair (nggak pakai juga... karena nggak pernah bikin buttercake pakai susu, jadilah kelupaan untuk beli, hehe)
  • 6 butir Putih telur
  • 50 gram Gula pasir halus
  • 1/2 sdt  Pasta vanila
Cara Membuat:
  1. Kocok mentega dan 150 gram gula pasir hingga lembut (kalau patokanku, pokoknya sampai lembut dan mengembang dengan tekstur mirip buttercream)
  2. Tambahkan kuning telur satu per satu, kocok hingga tercampur rata
  3. Masukkan tepung terigu, maizena dan baking powder sambil diayak. Lakukan secara bergantian dengan susu cair. Kocok hingga rata.
  4. Di tempat terpisah, kocok putih telur dan 50 gram gula pasir. Masukkan ke dalam adonan tepung terigu, aduk rata.
  5. Terakhir tambahkan pasta vanila, aduk rata.
  6. Masukkan adonan ke dalam papercup. Isi 3/4 papercup (kalau saya patokannya adalah satu scoop es krim), kemudian panggang adonan di dalam oven paha suhu 160 °C selama 30 menit (kalau saya... dengan suhu sekitar 170 - 180 derajat celcius kurang lebih selama 30 menit).
Karena saya pakai Margarita, cupcake  ini wangi banget! Selama dipanggang mungkin tetangga sudah mengendus-endus :)
Setelah dingin, pekerjaan selanjutnya adalah menghias cupcake dengan buttercream. Resep buttercream yang saya pakai adalah resep milik Mbak Afi di sini: Resep Buttercream Yummy dengan Coklat. Proses membuat buttercream ini absurd deh pokoknya... Karena menurut saya hasil buttercream-nya terlalu lembek, jadilah saya tambahkan dengan whip cream cair dan... ternyata hasilnya nggak jauh beda, haha. Tapi soal rasa, cukup enak...

Semprot-semprot dengan 1M, dan tadaaa...



Tabur Bubuk Oreo biar nggak polos-polos amat :p
Yap, ini adalah masakan kedua yang saya buat untuk Milad Abang. Ketiga adalah bakso, tapi... berhubung baksonya beli jadi dan yang saya lakukan hanya merebus tulang iga dan cemplung bawang dan lada... nggak usah dibahas lah ya... Keempat adalah BDCK (Birthday Cake), tapi karena keterbatasan waktu nggak sempat saya apa-apain... hihi *masih utang kue karakter nih sama Abang :(*

Selamat makaaaaan... )

No comments:

Post a Comment