Wednesday, January 1, 2014

Cupcake buat Intan - Pennylane Brownies Cupcake

Bismillahirrahmanirrahiim...

Ya... ya... ya... I've never tried to bake Pennylane Brownies (kemane ajeee??). Dan kemudian tibalah hari di mana Intan (salah seorang rekan di SDM) harus pindah ke tempat yang Insya Allah lebih baik :). Sebagai penghargaan dan tanda sayang *taelah* saya berniat untuk membuatkannya kue. Seperti biasa, pertimbangan saya untuk membuat kue adalah bahan apa yang ada di rumah dan bahan apa yang nyisa :p. Gapapa lah ya... yang penting kan biar nggak mubazir.

Akhirnya saya putuskan untuk membuat Pennylane Brownies yang dipanggang di dalam papercup kemudian dihias dengan buttercream sisa orderan. Entahlah... apakah memang jadinya seperti itu atau nggak, tapi menurut saya hasil jadinya kurang legit (yap, saya penggemar kue yang lembab). Tapi dari segi rasa oke lah... Menurut suami dan teman-teman enak (memang agak jadi terlalu kritis yah kalo sering masak kue, hehe).

Berikut ini resep Pennylane Brownies dari Mbak Riana Ambarsari:

Bahan:

  • 4 butir telur
  • 360 gram gula pasir (saya pakai 200 gram saja dan sudah pas menurut saya...)
  • 225 gram minyak goreng
  • 60 gram cocoa powder
  • 210 gram tepung terigu
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 120 gram kenari/kacang tanah/mede cincang dan sangrai
  • 85 gram Chocolate Chips
Cara Membuat:
  1. Panaskan oven suhu 180C, alasi loyang dengan kertas roti dan olesi dengan margarin atau minyak goreng. Pastikan oven sudah cukup panas sewaktu adonan dimasukkan. Oven yang sudah cukup panas akan memunculkan lapisan coklat tipis transparan di permukaan brownies, membuat tampilan brownies semakin cantik. Kalau suhu oven kurang panas, lapisan ini tidak akan muncul (dan punya saya nggak keluar thin crust-nya... berarti masih harus coba lagi, hehe)
  2. Campurkan terigu, cokelat bubuk, sisihkan
  3. Kocok telur dan gula sampai mengental (supaya muncul lapisan kilapnya), masukkan vanili dan garam. Bisa jadi Pennylane Brownies buatan saya belum sempurna karena tidak cukup kental.
  4. Masukkan campuran tepung terigu dan cokelat bubuk sambil diaduk perlahan dengan spatula sampai rata.
  5. Masukkan minyak sambil diaduk perlahan. Lalu masukkan chocolate chips
  6. Tuang dalam loyang dua loyang ukuran 30 x 10cm. Taburi kacang almond slices di seluruh permukaannya. Hasil akhir kurang lebih 20 cup.
  7. Panggang kurang lebih 35 menit sampai muncul lapisan mengkilat di permukaan
  8. Angkat dan dinginkan.
Buttercream-nya pakai sisa orderan dari Dewi. Supaya tetap fluffy, setelah mencapai suhu ruang buttercream harus dikocok kembali, kalau nggak bakal susah di-spuit. Oia, sebenarnya buttercream-nya terdiri dari 2 warna, biru dan merah. Keduanya saya campur dan menghasilkan warna ungu yang manis (yeay!). Enjoooy!!


No comments:

Post a Comment