Friday, October 11, 2013

Kue Ultah untuk Nadia

Bismillahirrahmanirrahiim...

Setelah gonta ganti blog dapur, pada akhirnya saya nyerah dan memilih untuk ber-blogger saja. Alasan saya dulu pindah ke WP karena menurut saya templatenya lucu-lucu. Memang sih... bagus-bagus, tapi ternyata susah diubah-ubah sesuai keinginan (okay, ane bukan pake yang bisa digonta-ganti, gan!). Nggak ada waktu buat ngutak-ngutiknya euy... *sombong*. Dan sekarang akhirnya balik ke blogger karena ternyata bisa ubah background yang lucu-lucu, hehe.

Ya udah... itu derita gue dan penonton cukup liat aja ya... hihi. Kali ini saya akan posting decorated cake. Emang bisa? Ya nggak lah... Sudah lama pula nggak pegang buttercream dan spatula. Tapi demi tetangga, kutekadkan diri!! Aih... nggak 100% benar sih, karena niat utamanya adalah ngabisin buttercream sebelum kadaluarsa, haha.

Akhirnya pilih yang gampang dan pasti jadi aja... SPONGE CAKE!! Pakai resep dari Yasaboga (sayang dong... udah dibeli nggak dipraktekin...). Berikut resepnya:
- 6 butir telur
- 150 gram gula kastor (saya pakai gula biasa saja...)
- 100 gram mentega, cairkan (ingat ya... jangan sampai mendidih. Jadi, sebaiknya ditim saja)
- 125 gram tepung terigu (saya pakai protein sedang) dengan mengganti sebagian terigu dengan susu bubuk (sekitar 25 gram).
- 25 gram coklat bubuk
- 1 sdt emulsifier (tambahan pribadi)

Pembuatannya seperti lazimnya sponge cake ya...
- Kocok gula, telur, dan emulsifier sampai kental berjejak
- Masukkan terigu dan kocok dengan kecepatan paling rendah (lebih aman diaduk balik saja dengan spatula)
- Masukkan mentega cair, aduk rata.
- Masukkan ke loyang bulat diameter 22 cm yang telah dialasi kertas roti dan dioles margarine (kalau saya pakai Carlo)
- Setelah masuk ke loyang, banting beberapa kali supaya gelembungnya keluar. Buat saya ini wajib saat membuat sponge cake kalau nggak mau kuenya amblas saat matang. Kemarin saya hati-hati banget ngebantingnya karena pakai loyang bongkar pasang dan bagian tengah sedikit cekung L
- Panggang dengan suhu 180 derajat Celcius hingga matang (kurang lebih 30 menit)
Menurut saya hasil jadinya enyak!! Lembaaaaab banget. Biasanya kan sponge cake agak kering yah... tetapi ini enggak. Untuk buttercream-nya saya lupa pakai resep siapa... L. Sebagai tambahan saya taburi biskuit yang sudah dihancurkan. Berikut penampakannya:



Aaa... ini memang berantakan dan amatir banget... hehe. Ditambah ngerjainnya buru-buru pula. Tapi lumayanlah buat menyenangkan anak tetangga, hehe. Kayaknya memang lain kali harus punya lazy susan dan mengerjakannya harus super santai.
Oia, ada sedikit insiden... waktu meng-cover kayaknya gampaaang banget, cepat dan merata. Begitu kuenya dipindah ke tatakan insiden terjadi!! Kuenya miring aja gitu sodara-sodara... Hiks.

Hum... yang jelas setelah ini harus banyak berlatih lagi (kan udah beli bukunya neeeeng...). Baiklah, sekian posting tentang kue, semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment